Cara menampilkan Menampilkan Aplikasi Tidak Muncul Android – Pernah mengalami aplikasi tersembunyi padahal sudah terinstall dengan baik di Android? Jika pernah, maka Anda harus tahu kenapa aplikasi tersebut bisa bersembunyi, dan bagaimana cara mempenampilkannya.

Sebetulnya masalah seperti ini bukan karena tidak terinstall, tapi karena shortcut (tombol pintas) yang ada di home screen tidak ditampilkan. Oleh karena itu, aplikasi tersebut seperti tidak pernah terinstall pada smartphone kita.

Namun bila kita buktikan dengan membuka playstore untuk mengunduh ulang, maka aplikasi tersebut sebetulnya sudah terinstall namun iconnya tidak tampil di layar hp kita.

Biasanya aplikasi yang sudah terinstall di playstore akan langsung tampil iconnya pada layar.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan aplikasi tidak tayang pada layar ponsel kita, antara lain:

  1. Terjadinya kerusakan pada sistem atau memori smartphone Anda.
  2. Memori card tercabut secara tidak aman.
  3. Memori card tidak sengaja terformat.
  4. Menggunakan theme launcer yang tidak compatible.

Nah dari beberapa faktor di atas, Anda bisa menyimpulkan mana penyebab aplikasi tidak muncul pada smartphone kesayangan Anda. Jika Anda merasa tidak mengalami faktor di atas . Maka berikut cara mengatasi aplikasi yang tidak muncul di layar hp.

Langkah Menampilkan Aplikasi Tidak Muncul di Layar HP Android

Cara Menampilkan Aplikasi Tidak Muncul di Layar HP Android

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menampilkan aplikasi yang tidak muncul di layar hp android, antara lain:

1. Unistall Aplikasi Tersebut, Lalu Install Lagi

Cara pertama cukup simple, yaitu dengan mengunistall aplikasi yang iconnya tidak muncul di layar hp kemudian download dan install ulang aplikasi tersebut. Cara ini cukup ampuh karena sudah pernah kami alami sendiri.

Langkahnya:

  • Coba masuk ke Pengaturan/ settings/ setelan
  • Pilih menu Apl/ Apps
  • Di tampilan halaman apl/ apps, Anda geser ke pilihan All/ semua
  • Lalu pilih aplikasi yang dimaksud dan uninstall.
  • Restart HP Anda.
  • Setelah itu, buka aplikasi playstore
  • Cari aplikasi yang dimaksud dan install kembali.

Dengan begitu maka data aplikasi yang dimaksud tersebut akan terbarui dan tersimpan dalam memori, dan biasanya aplikasi akan muncul seperti biasa.

2. Cek Memori Penyimpanan

Jika Anda menggunakan HP Android yang support menyimpan aplikasi pada memori eksternal, langkah kedua yang perlu Anda coba adalah mengecek memori penyimpanan tersebut apakah dalam keadaan baik, terlepas atau mungkin terimpeksi malware.

Jika data aplikasi berada di memori eksternal dan memori tersebut ter-eject maka jelas aplikasi tidak akan muncul atau muncul tapi tidak bisa dijalankan.

Meskipun memory card tidak diapa-apakan namun bisa saja memory cardnya ter-eject sendiri. Bisa disebabkan karena longgar atau terkena guncangan, sehingga smartphone tidak berhasil membaca memory card.

3. Hapus Aplikasi Launcher

Bagi pengguna Launcher yang mengalami masalah aplikasi tidak muncul di smartphone Androidnya, maka sebaiknya Anda hapus saja dulu aplikasi launcher yang digunakan. Bisa jadi hal inilah yang menyebabkan aplikasi tidak muncul di layar smartphone.

Gunakan saja tema bawaan smartphone untuk sementara waktu sampai Aplikasi yang Anda maksud muncul di layar hp.

Namun jika Anda merasa keberatan untuk menghapus launcher yang Anda gunakan, maka Anda bisa menghapus data aplikasinya saja.

Langkahnya :

  • Coba masuk ke setelan.
  • Pilih menu Apl/ Apps.
  • Pada tampilan halaman apl/ apps, Anda geser ke pilihan All/ semua.
  • Kemudian pilih aplikasi Launcher/ peluncur.
  • Lakukan “hapus data”.

Biasanya aplikasi tidak muncul karena icon terhalang oleh launcher yang digunakan.

4. Setting Lewat Playstore

Langkah selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan mengatur lewat playstore, apakah aplikasi tersebut dihidden atau tidak, kita bisa mengaturnya di playstore langsung.

Langkahnya :

  • Buka aplikasi Playstore lalu tap
  • Setelah masuk ke dalam playstore, geser layar ke arah kanan, sampai muncul pilihan menu di sebelah paling kiri.
  • Klik pada menu Aplikasi dan Game Saya
  • Setelah itu google play akan menampilkan daftar aplikasi dan game yang sudah pernah diinstall di Android kita
  • Perhatikan, bila ada aplikasi yang tidak ada di app drawer namun ada di applikasi saya dalam playstore berarti aplikasi tersebut sudah dihidden
  • Untuk membuka aplikasi, tap pada ikon aplikasi
  • Jika aplikasi memiliki password berarti Anda masih belum boleh membukanya namun setidaknya Anda bisa tahu aplikasi apa itu
  • Walaupun misalnya Anda tidak dapat membukanya Anda dapat menguninstall aplikasi android tersebut dan menginstallnya lagi.

5. Restart Smartphone

Cara selanjutnya adalah dengan merestart smartphone, dengan memuat ulang sistem operasi pada smartphone kita biasanya smartphone akan lebih fresh dan berjalan dengan baik. Mungkin saja pas waktu Anda menginstallkan aplikasi tersebut, sistem operasi pada smartphone Anda sedang tidak bekerja dengan baik.

Maka sebaiknya Anda mencoba untuk melakukan cara ini. Namun jika cara ini masih tidak berhasil maka Anda harus menggunakan cara terakhir.

6. Wipe data / Factory Reset Android

Cara terakhir ini pasti sangat ampuh untuk bisa mengatasi masalah pada smartphone android Anda. Factory reset adalah cara yang paling banyak dilakukan oleh pengguna smartphone yang mengalami masalah-masalah yang tidak bisa dipecahkan dengan cara-cara lain.

Dengan melakukan factory reset maka Anda akan mengembalikan android ke pengaturan pabrik. Cara ini akan menghapus semua pengaturan dan aplikasi, tapi sebelum melakukan cara ini, alangkah baiknya Anda backup dulu data semua data penting. Karena factory reset ini akan menghapus semua data yang tersimpan di memory internal android.

Jadi jika Anda menggunakan cara ini, Anda harus mendownload kembali aplikasi yang dimaksud tersebut, dan pasti aplikasi tersebut akan muncul di layar hp.

Penutup

Demikian artikel yang membahas Cara Menampilkan Aplikasi Tidak Muncul di Layar HP Android ini, kami pasti akan mengupdate artikel ini jika ada cara terbaru yang kami ketahui. Semoga bermanfaat, dapat membantu dan menambah wawasan Anda. Terimakasih!