Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri

5 min read

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri

Berikut cara mengatasi hp mati hidup sendiri atau yang biasa disebut restart. Tapi paling kesel kalau hpnya mati terus gak mau hidup lagi. Tentu hal tersebut sangat mengganggu pekerjaan, atau aktivitas kita saat menggunakan smartphones.

Apalagi jika Anda adalah seorang pembisnis di internet, baik menjadi dropshiper, reseller, afiliater dan yang lainya. Tentu pasti bakal banyak kerjaan Anda yang tidak akan tersimpan karena hp sudah restart duluan.

Kadang hp restart saat sedang asik maen game, nonton youtube atau browsing saja sudah menjengkelkan. Apalagi kalau restart saat kerjaan belum beres.

Semua merek smartphone seperti Samsung, Lenovo, ASUS, ACER, Oppo, Evercoss, Xiaomi dan HP-HP lainnya kadang sering mengalami gejala restart seperti ini. Tapi ada yang hanya satu kali, ada yang kadang-kadang, ada yang tidak, dan yang parah ada yang sering restart sendiri.

Apa sih penyebab HP mati sendiri / restart?

Pada artikel kali ini kami akan memaparkan beberapa penyebab yang sering membuat hp smartphone restart sendiri.

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri

Ada beberapa penyebab pasti yang membuat smartphone menjadi sering restart atau mati sendiri, diantaranya sebagai berikut.

Penyebab HP Mati / Restart Sendiri

  • Komponen Rusak
    Untuk komponen yang rusak, spesifiknya bisa berbeda-beda. Bisa dari yang ringan seperti konektor baterai, sampai masalah komponen pada IC.
  • HP Terlalu Panas / Overheat
    Kondisi yang dinamakan Overheat ini biasanya Chipset atau Komponen HP temperaturnya terlalu panas. Proses mematikan yang terjadi bertujuan supaya HP tidak rusak.
  • Crash Sistem
    Penyebab sistem rusak bisa karena sistem tidak stabil, atau RAM penuh. Biasanya ditandai dengan blank, macet atau ngelag. Kemudian restart.
  • Status Baterai Error
    Selain penyebab di atas, bisa juga penyebab restart sendiri karena masalah baterai. Misalnya kondisi baterai masih 80% pada panel status, padahal sebenarnya kapasitas tersisa tinggal 4%. Ini bisa menyebabkan HP sering mati sendiri walau padahal baterai terlihat masih banyak.
  • Efek Root
    Jika smartphone Anda sudah dalam keadaan rooting, maka bisa jadi hal tersebut adalah penyebabnya.
  • Memori Internal Terlalu Penuh
    Memori internal penuh, akan menyebabkan sistem jadi melambat, dan terkadang juga membuatnya jadi Crash.

Kurang lebih itulah penyabab hp sering restart sendiri, untuk penyebab smartphone mati tiba-tiba dan tidak nyala lagi, itu beda kasusnya.

Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri

Ada beberapa cara mengatasi HP sering mati sendiri, garis besarnya adalah sebagai berikut:

  • Matikan HP Sejenak
  • Update Sistem HP
  • Wipe Data Cache Dan Cache Partition
  • Bersihkan Memori Internal
  • Bersihkan RAM Pada HP
  • Unroot HP
  • Aktifkan Aplikasi Sistem Yang Terdisable
  • Reset HP Ke pengaturan pabrik
  • Ganti baterai
  • Service HP Anda

Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca secara rinci penjelesan di bawah ini.

1. Matikan HP Sejenak

Ketika smartphone mengalami overheat atau suhu terlalu panas, maka kinerja smartphone akan terganggu dan smartphone akan melakukan restart sendiri. Bagaimana jika smartphone tetap memaksakan walaupun dalam keadaan panas?

Ada beberapa smartphone yang tidak akan restart walaupun sudah dalam keadaan panas, inilah yang bisa menyebabkan smartphone cepat rusak.

kami sarankan ketika smartphone dalam keadaan panas, atau terlalu capek. Matikan smartphone Anda sejenak hingga suhunya kembali normal dan dingin untuk menghindari sering restart sendiri.

Lebih bagus lagi sewaktu didinginkan, baterai, kartu SIM, dan kartu memori dilepas semua supaya smartphone benar-benar istirahat.

Baca Juga : Aplikasi Kamera BLUR Otomatis Untuk Android

2. Update Sistem HP

Beberapa vendor hp sering memberikan update versi keamanannya. Misalkan Anda menggunakan vivo, Funtouch OS yang Anda pakai di smartphone vivo sering menyediakan updatan. Begitu juga di samsung, oppo, realme, xiaomi atau yang lainnya.

Namun, ada juga beberapa smartphone yang tidak bisa diupdate lagi karena sudah di versi yang paling baru.

Untuk cara updatenya Anda bisa cek di menu Settings > About > System Updates > Lalu cek apakah update disana?

Jika tidak ada notif untuk update tapi Anda yakin bahwa penyebab smartphone Anda sering restart adalah karena sistem. Maka silahkan Anda download firmware sesuai hp dan perbarui sistem Anda.

Baca Juga : Ngoding Di Android Dengan Dcoder

3. Wipe Data Cache Dan Cache Partition

Cache merupakan memori yang menyimpan file system seiring pemakaian hp.

Fungsi cache pada hp adalah untuk menyimpan file konfigurasi. Gampangnya cache inilah yang mengingat semua sistem supaya bisa diakses lebih cepat.

Jika sistem pada cache sudah banyak dan menimbulkan error, maka sebaiknya Anda melakuka wipe data supaya sistemnya kosong lagi seperti semula. Dengan begitu maka HP Anda tidak akan terlalu sering restart.

Bagaimana cara wipe data cache pada smartphone?

Caranya, matikan HP Anda > nyalakan kembali dengan cara tekan tombol Power + Volume Up + Volume Down.

Baca juga : Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Save Nomor

4. Bersihkan Memori Internal

Jangan simpan file-file besar di memori internal sehingga membuat memori internal menjadi semakin penuh.

Jika memori internal penuh, maka kinerja smartphone akan terganggu dan bakal sering muncul notif “ruang penuh, bersihkan penyimpanan”. otomatis hal tersebut akan mengganggu.

Parahnya memori internal penuh juga mengakibatkan sistem menjadi tidak stabil, crash alhasil jadi Restart sendiri.

Biasanya ini sering terjadi di hp samsung yang dulu, seperti j1, j2 yang dialami pribadi.

Saran kami kosongkan 10% memori internal, jangan dihabiskan semua untuk menyimpan data. Pindahkan ke memori eksternal saja data-data atau music kesukaan anda.

baca juga : Menampilkan Aplikasi Tidak Muncul di Layar HP Android

5. Bersihkan RAM Pada HP

Lebih tepatnya bukan membersihkan ram pada hp, namun menstabilkan ram sesuai kapasitasnya. Bagi pengguna smartphone 512 MB atau setengah gb, kami sarankan jangan menginstall game pubg karena akan sangat berat atau mungkin tidak akan bisa dijalankan.

Maka dari itu Anda harus menstabilkan pemakaian ram pada smartphone Anda, bersihkan beberapa aplikasi yang run di layar belakang. Namun tidak ada manfaatnya buat Anda.

Anda bisa mengontrol pemakaian ram dengan melihat aplikasi yang berjalan. Jika ram tidak cukup untuk menjalankan / multitasking aplikasi berat, biasanya bakal ngelag, macet dan restart.

Segera lakukan force stop jika hp sudah ngelag, caranya Pakai aplikasi Cleaner, atau Force Stop aplikasi di Settings > Aplikasi > Aplikasi Berjalan.

6. Unroot HP

Jika Anda menggunakan smartphone yang di root, sebaiknya segera lakukan unroot supaya smartphone Anda tidak restart sendiri lagi.

Banyak kemungkinan sistem smartphone yang sudah di root rusak karena tidak ada pengamanan saat menginstall aplikasi-aplikasi.

Untuk itu sebaiknya segera unroot hp Anda jika sering restart sendiri. Hal ini juga berlaku jika anda menggunakan custom rom, rom yang tidak sesuai akan mengakibatkan sistem tidak stabil dan sering mati sendiri.

Kesimpulan

Demikianlah cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri, semoga dapat membantu dan menambah wawasan Anda. Terimakasih

GubukTekno

Tinggalkan Balasan