gubuktekno.com – Program Persoalan Bebek Untuk Teman dalam bahasa C. Jika Anda sudah paham, Anda bisa mentranslatenya ke bahasa pemograman lain seperti C++ dan yang lainya.

Kasus pak dengklek membagikan bebek kepada temannya sudah sangat familiar, apalagi jika Anda terjun kedunia informatika. Mungkin pada semester 1 Anda akan disuguhi persoalan seperti ini.

Berikut soalnya : Pak Dengklek memiliki N (1 ≤ N ≤ 1.000) ekor bebek. Dia ingin membagi bebek-bebeknya tersebut sama rata kepada M (1 ≤ M ≤ 1.000) orang temannya. Pak Dengklek juga menyadari bahwa bisa saja terdapat sisa bebek karena jumlah bebek tidak habis dibagi jumlah temannya. Bantulah dia untuk menentukan berapa ekor bebek yang harus dia berikan kepada masing-masing temannya.

Dari persoalan tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa ada dua masukan yaitu jumlah bebek dan dibagikan kepada berapa orang.

Contoh Program Persoalan Bebek Untuk Teman C/C++

Contoh Program Persoalan Bebek Untuk Teman C/C++

Untuk lebih simple jumlah bebek kita menggunakan variabel N dan jumlah orang yang akan dibagi kita deklarasikan sebagai M.

Format Masukan
Baris pertama berisi dua buah bilangan bulat N dan M.
Format Keluaran
Baris pertama berisi masing-masing A, di mana A adalah jumlah bebek yang diberikan kepada masing-masing temannya. Baris kedua berisi bersisa B, di mana B adalah sisa bebek Pak Dengklek.

Contoh Masukan 1

15 3

Contoh Keluaran 1

masing-masing 5
bersisa 0

Contoh Masukan 2

20 3

Contoh Keluaran 2

masing-masing 6
bersisa 2

Penjelasan singkat contoh masukan 1, apabila jumlah bebek 15 dibagi kepada 3 orang. Maka jumlah bebek yang dibagi adalah 5 bebek dan sisanya 0.

Penjelasan singkat contoh masukan 2, apabila jumlah bebek 20 dibagi 3. Maka masing-masing orang mendapatkan 6 bebek dan ada sisa 2 bebek yang tidak terbagikan.

Untuk kasus hasil bagi sudah tentu kita harus menggunakan MOD, dalam bahasa C mod disimbolkan dengan %. Misal 6 mod 2 menjadi 6%2.

Untuk programnya Anda bisa pelajari di bawah ini.

#include <stdio.h>

int main () {
	int N, M;
	int i,z;
	
	scanf("%d %d", &N, &M);
	if (1<= N && N <= 100000 && 1 <= M && M <= 100000) {
		i = N/M;
		z = N%M;
			printf("Masing-masing: %d \n", i);
			printf("Bersisa: %d", z);
	} else {
		printf("Tidak sesuai ketentuan");
	}
}

Penjelasan

Supaya paham dengan codingan di atas, simak penjelasannya berikut ini.

 #include <stdio.h> 

stidio = Standar Input dan Output yaitu untuk memanggil library stdio.h yang di dalamnya terdapat beberapa syntax seperti scanf, printf, clearr(), fputs() dan lain-lain.

Jika kita tidak menggunakan library ini maka fungsi scanf yang kita tulis tidak dapat dieksekusi.

 int main() 

Int main() adalah fungsi utama dari sebuah kode bahasa C. Fungsi ini memberikan nilai balik menurut type datanya, dan karena memiliki nilai balik maka diberikan perintah return nilai.

int N, M;
int i,z;

Merupakan sebuah kamus atau deklarasi sebuah variabel berikut tipe datanya. int untuk integer. int N maka variable N adalah integer.

 scanf("%d %d", &N, &M); 

Menginput bilangan desimal dari N dan M.

 if (1<= N && N <= 100000 && 1 <= M && M <= 100000) 

Merupakan pembatas Angka sesuai soal, apabila kita memasukan angka kurang dari 1 atau lebih dari 10000 maka akan muncul pesan pembatasan angka.

i = N/M;
z = N%M;

Nilai N dibagi M, hasilnya disimpan di variabel i. Nilai N mod M hasilnya disimpan di variabel z. Sesuai perintah soal, kita akan memunculkan dua hasil bilangan tersebut.

printf("Masing-masing: %d \n", i);
printf("Bersisa: %d", z);

Mencetak hasil pembagian dan mod tadi untuk dimunculkan ke layar.

Dengan datangnya Anda ke situs ini, kami sangat mengerti bahwa Anda itu malas mengerjakan kasus ini. Untung kami sangat pengertian, jika anda malas silahkan download saja programnya.

Source Code

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai Program Persoalan Bebek Untuk Teman dalam bahasa C. Semoga bermanfaat, have a nice day and selamat jangar dengan codingan